Momentum

MAYDAY 2007

Wednesday, May 16, 2007

KORAK edisi VIII


KORAK Edisi VIII:
Buruh Berkuasa vs Revisi UU Pemilu no 12/2003
Bulan: Mei
Tahun: 2007
Halaman: 48 Halaman
Terbitan Resmi PRP

Buruh Berkuasa vs Revisi UU Pemilu no 12/2003
Ken Budha Kusumandaru

Pekik “Buruh Berkuasa, Rakyat Sejahtera!” telah berkumandang sepanjang perayaan Mayday 2007 yang baru lewat. Pekik itu telah disambut dengan bersemangat oleh puluhan ribu buruh yang turun berdemonstrasi di bawah panji-panji ABM di seluruh Indonesia. Dengan yakin, kita dapat mengatakan bahwa lapisan termaju kelas pekerja Indonesia telah menerima bahwa tugas sejarah mereka adalah merebut kekuasaan politik dari tangan kelas pengusaha yang saat ini bercokol di tengah jabatan-jabatan resmi Negara.

Upah: Sebuah Catatan Ekonomi Politik
Ken Budha Kusumandaru


Perjuangan untuk mendapatkan upah yang layak telah menjadi perjuangan kelas buruh sejak para kelas pekerja pertama kali muncul di atas muka bumi. Kurang lebih 8000 tahun lalu, para pekerja yang menggarap pembangunan piramida-piramida di Mesir telah mengadakan pemogokan untuk menuntut jatah makan yang lebih layak. Mereka memang bukan kelas buruh industrial seperti yang kita temui di jaman ini. Pada masa-masa tanam, mereka bekerja sebagai petani. Namun, di masa paceklik atau di masa antar-waktu tanam, mereka dipekerjakan oleh Kerajaan Mesir untuk membangun berbagai monumen, antara lain piramida dan makam para raja. Namun, di saat bekerja sebagai buruh pembangun monumen, mereka menerima upah layaknya sistem kerja buruh modern.

Pandangan PRP Paska Mayday 2007

Irwansyah


Kita telah berkumpul di Hari Buruh Internasional (Mayday) dan pasti juga akan berkumpul lagi di hari-hari ke depan dalam persaudaraan dan kebanggaan terhadap diri kita yang sedang merapihkan barisan perjuangan rakyat pekerja Indonesia yang gagah berani. Kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP) merasa bangga bisa berada di tengah-tengah gelora semangat perlawanan kawan-kawan buruh yang tiada henti melawan ketidakadilan sosial walau terus menerus juga dihantami oleh sombongnya penguasa dan serakahnya pengusaha negeri ini. Hari ini kita rapihkan barisan buruh agar semakin kuat daya juangnya, semakin cepat gerak majunya, semakin pasti langkahnya.

Untuk pemesanan silahkan menghubungi komite-komite kota PRP dimanapun anda berada, atau menghubungi
Email: prppusat@gmail.com atau Ari Yurino (08567931713)

No comments: