Momentum

MAYDAY 2007

Saturday, May 19, 2007

Konfederasi Buruh yang ada tidak ada gunanya

Dalam polling kami kali ini mengangkat tentang bagaimana tanggapan anda tentang Konfederasi Buruh Nasional yang terlibat dalam Tripartit Nasional. Konfederasi Buruh Nasional tersebut yaitu Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI). Karena memang selama ini hanya ketiga konfederasi buruh itulah yang diakui dan diajak berdialog seputar masalah ketenagakerjaan oleh pemerintah. Kami ingin mengetahui apakah menurut anda sebagai rakyat pekerja, yang suaranya diwakili oleh ketiga konfederasi tersebut, merasa ketiga konfederasi ini telah mewakili aspirasi atau tidak dalam masalah-masalah ketenagakerjaan.

Ternyata jawaban dari polling yang kami terima tentang ketiga konfederasi tersebut, 100% dari kawan-kawan yang mengisi polling tersebut mengatakan ketiga konfederasi tersebut tidak ada gunanya. Hal ini didasarkan karena ketiga konfederasi tersebut tidak memperhatikan keluhan dari para buruh yang lainnya. Kenyataannya ketiga konfederasi yang seharusnya menjadi perpanjangan lidah dari kaum buruh ketika mereka membahas masalah ketenagakerjaan dengan pemerintah, tidak mampu untuk menyerap aspirasi buruh di Indonesia.

Bila kaum buruh merasa suara mereka tidak dapat diwakili oleh ketiga konfederasi tersebut, lalu apa yang harus diperbuat oleh kaum buruh di Indonesia. Karena memang seharusnyalah kaum buruh memiliki perwakilan mereka ketika mengadu argumentasi dengan pemerintah dan pengusaha. Hal inilah yang ingin kami cari jawabannya melalui polling berikutnya.

No comments: